April Mop, Hari Lelucon se-Dunia, Simpang Siur Sejarah dan Fakta

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Ralali.

Bulan keempat atau April dalam kalender Gregorian telah dimulai. Pada 1 April banyak bermunculan istilah April Mop. Bahkan kata-kata itu memenuhi media sosial dan menjadi trending topic di twitter.

Tapi banyak yang tidak mengetahui apa itu APril Mop. Bahkan cukup banyak versi yang berkaitan dengan kemunculan atau sejarah April Mop.

Menurut catatan History melalui Liputan6 pada Rabu 1 April 2021 menyebutkan beberapa sejarawan berspekulasi bahwa Hari April Mop berasal dari tahun 1582.

Yaitu ketika Prancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian, seperti yang diserukan oleh Dewan Trente pada tahun 1563.

Dalam April Mop, orang-orang yang lambat dalam mendapatkan berita, akan menjadi bahan lelucon.

Lelucon ini dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya seperti menempatkan ikan kertas di punggung mereka dan disebut sebagai poisson d'avril (ikan April).

Sementara orang-orang Ingggris mulai memopulerkan tradisi tahunan April Mop dengan saling bercanda pada tahun 1700.

Selanjutnya April Mop menyebar ke seluruh Inggris selama abad ke-18.

Di Skotlandia, tradisi ini menjadi acara dua hari, dimulai dengan "berburu burung gowk", di mana orang-orang dikirim untuk melakukan tugas palsu (gowk adalah kata untuk burung kukuk, simbol untuk orang bodoh).

Kemudian pada hari selanjutnya yaitu Hari Ekor, yakni melibatkan lelucon yang dimainkan pada derrier orang, seperti menjepit ekor palsu atau menulis kalimat "tendang aku" pada punggung mereka.

April Mop juga dikenal dengan kebohongan. Banyak versi yang melahirkan lelucon di bulan keempat kalender Gregorian ini. Salah satunya festival Yunani-Romawi yang disebut Hilaria, yang berkaitan dengan April Mop.

Perayaan itu jatuh pada 25 Maret, untuk menghormati Cybele, Bunda Dewa Yunani kuno. Dalam perayaannya melibatkan parade, penyamaran, dan lelucon pada titik pada hari pertama musim semi.

Artikel Lainnya