Apakah Bagus Sehari Minum Air Tiga Liter? Cek Faktanya

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Mengonsumsi air mineral atau air putih sangat bagus bagi kesehatan. Setidaknya bisa memperbaiki batu ginjal, mengontrol berat badan, memaksimalkan performa fisik, mencegah dan mengatasi sakit kepala, serta bisa menjaga kesehatan kulit.

Sebetulnya masih ada manfaat lain mengonsumsi air putih. Tapi, perlu diperhatikan takarannya. Setidaknya dalam sehari minum air putih membutuhkan dua liter. Itu sudah batasan minimum.

Bagaimana bila mengonsumsi tiga liter air mineral dalam sehari? Apakah baik untuk kesehatan? Cek fakta berikut ini yang sudah dilansir dari Detik.

Seperti nutrisi, kebutuhan tubuh akan air mineral harus diperhatikan kecukupannya. Kebutuhan air yang tercukupi akan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Kebutuhan air yang tercukupi juga menjadi salah satu cara agar organ tubuh tetap berfungsi normal. Selain dari minuman, asupan air juga dipengaruhi oleh makanan sebesar 20 persen.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, jumlah kebutuhan air pada tubuh orang dewasa yang harus dicukupi setidaknya 8 gelas ukuran 230 mililiter atau setara dengan 2 liter. Tetapi apa yang bisa terjadi jika minum air berlebihan?

“Jika tubuh manusia mengonsumsi 473 mililiter air dalam 1 jam, metabolisme tubuh akan meningkat sebesar 30 persen selama 30-40 menit ke depan. Berkomitmen untuk minum air setengah dari berat tubuh, diakui oleh para peneliti akan menurunkan berat badan lebih banyak,” kata Heidi Powell.

Dalam tubuh manusia, ada sebuah enzim yang bernama lipase. Enzim ini berfungsi untuk memobilisasi lemak ke seluruh tubuh.

Air, selain diperlukan untuk hidrasi dan menjalankan fungsi tubuh juga dibutuhkan untuk mengaktifkan enzim lipase.

Penelitian telah menunjukkan bahwa dehidrasi merupakan dampak yang paling negatif pada olahraga, khususnya latihan ketahanan. Hidrasi tubuh yang cukup, membantu memaksimalkan efek olahraga terhadap tubuh.

“Air adalah kunci untuk sel-sel yang sehat dan berfungsi dengan baik. Jadi, minum yang cukup akan membantu peningkatan sel-sel melalui olahraga,” kata Griffin.

Tetapi meminum air terlalu banyak sebelum olahraga dapat mengganggu dan membuat tubuh bergerak lebih lambat. Sebaiknya minum segelas air pada 30-20 menit sebelum olahraga dimulai dan sedikit tegukan saat berolahraga.

Artikel Lainnya