Angkernya Laut Masalembo, Perairan Paling Ditakuti Pelaut, Konon Disebut Segitiga Bermuda di Indonesia

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Mendengar keangkeran laut, memori otak langsung bekerja. Pasti mengingat Pulau Bermuda. Negara berbentuk kepulauan di Atlantik Utara yang menghadap laut Britania Raya itu dikenal sebagai perairan paling angker di dunia.

Banyak kapal tenggelam tanpa sebab. Begitu juga dengan pesawat jatuh di perairan tersebut. Kapal maupun pesawat yang karam, kemudian sulit ditemukan. Konon nggak ada yang berani mengangkat bangkai kapal dan pesawat. Ngeri, ya

Macam-macam kisah mistis tentang Segitiga Bermuda. Sebagian masyarakat dunia memiliki versi berbeda-beda cerita tentang Bermuda.

Well, bukan hanya Bermuda yang angker. Perairan di Indonesia juga dikenal angker. Setidaknya ada beberapa perairan yang kerap menjadi lokasi kapal dan pesawat tenggelam.

Segitiga Masalembo atau Masalembu layak ditempatkan di urutan pertama. Dikutip dari berbagai sumber, sepanjang tahun selalu ada kapal karam di pulau yang masuk Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur itu.

Kapal Tampomas II tenggelam 27 Januari 1981 dan Adam Air tahun 1 Januari 2007, tenggelam tidak jauh dari Segitiga Masalembo. Dua kecelakaan tragis itu menghebohkan dunia transportasi di Indonesia.

Sama dengan Bermuda, Segitiga Masalembo juga memiliki cerita mistis. Konon perairan tersebut dijaga puluhan makhluk halus. Ada pula yang menyebut sebagai kerajaan jin.

Jika melihat kajian gelombang laut, kawasan ini memiliki arus laut yang sangat kencang. Perairan Masalembo adalah tempat bertemunya arus dari barat dan terus memanjang ke Laut Jawa. Sementara arus utara berasal dari Selat Makassar.

Pertemuan dua arus kuat itulah yang menimbulkan episentrum ombak besar. Mau percaya kaijian ilmiah atau mistis?

Artikel Lainnya