nyedulur.com

Anggota Jayapura Cycling Club Disiksa dengan Saturday Suffering, Bersepeda Lewati Rute Berat di Jayapura

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

SUmber Foto: Mainsepeda.id

Jangan dikira jika penggemar sepeda hanya ada di Jawa, Sumatra dan Bali. Papua juga memiliki kominitas pesepeda. Namanya Jayapura Cycling Club (JCC).

JCC cukup aktif mengikuti kegiatan di sejumlah daerah. Sebut saja Herbana Bromo KOM Challenge pada 14 Maret 2020 lalu. Begitu juga dengan kegiatan lain. 

Tetapi kegiatan berikutnya mandeg. Salah satunya disebabkan pandemi virus corona. Padahal JCC sudah menyiapkan sejumlah agenda. Seperti gowes ke Kalimantan Barat dan beberapa daerah di Jawa.

Dikutip dari Mainsepeda, JCC memiliki kegiatan baru, dengan menyiksa anggotanya. Yakni gowes melewati rute menantang setiap hari Sabtu. Kegiatan itu diberi nama Saturday Suffering.

Gowes saban Sabtu ini tidak hanya diikuti para anggota JCC saja. Lambat laun banyak cyclist di luar komunitas ini yang ikut "menyiksa" diri di Saturday suffering.

Ketua JCC Sumardi menceritakan bahwa Saturday Suffering mulai digelar sekitar empat-lima bulan terakhir. Selama ini mereka merasa gowes di rute yang monoton. Itu-itu saja.

Lama kelamaan mereka mulai bosan dan rutenya sudah habis. Kemudian tercetus ide untuk gowes di medan yang jarang mereka lewati. Rute yang berat dan amat menyiksa.

“Kami mencoba mengantisipasi kalau ada event di luar Papua, misal ke Bromo. Jangan sampai loading atau tertinggal jauh. Kami tidak mau bikin malu orang Papua,” kata Sumardi.

Pada awal September lalu mereka gowes sepanjang 185 kilometer, dari Jayapura ke Nimbokrang di Kabupaten Jayapura. Begini cerita anggota JCC menuju Nimbokrang,

Artikel Lainnya