nyedulur.com

Aneh, Fisiknya Berbentuk Katak, Tapi Namanya Ayam Gunung

Detik
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Pernah melihat seekor binatang yang bentuk fisik dan namanya tidak cocok. Itulah binatang yang memiliki nama latin leptodactylus fallax.

Binatang ini sebetulnya katak raksasa asal Kepulauan Karibia. Tapi Namanya bukan katak. Dia adalah ayam gunung. Nah, kan nggak cocok nama dan fisiknya.

Dilansir dari Detik, binatang ini nyaris punah. Katak ini menjadi salah satu jenis kodok terbesar di dunia. Meskipun pada dasarnya banyak yang menyebut kodok ayam gunung. Selain itu, ukurannya sebesar anak ayam pada umumnya.

Sayang, di negara asalnya, kodok ayam gunung ini sering jadi perburuan. Warga di Kepulauan Karibia memburu untuk dijadikan makanan.

Tak hanya tu. Wisatawan asing mendatangi Karibia juga daya tarik terhdap makanan berbahan kodok ayam gunung. Konon hewan ini bertesktur menyerupai daging ayam. Makanan olahan yang digemari dengan digoreng atau dibuat sup. Beda sama swike.

Kodok ini hidup nokturnal di dataran terjal. Mereka mulai ditemukan pada tahun 1926 dan sering ditemukan di parit. Saat malam, seisi hutan akan ramai dengan suara sahut-sahutan dari kodok ini.

Seperti kodok lainnya, induk akan mengerami telur dalam lubang yang berisi buih. Dari ratusan telur tak semuanya menetas. Sang induk akan mengumpankan telur yang gagal menetas sebagai makanan untuk berudu atau kecebong. Berikut bentuknya.

Artikel Lainnya