Aneh, Batu Lumpang di Jombang Keluarkan Sumber Air, Diambil Tiap Hari Tidak Habis

Nyedulur
  • 5 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kabar Jombang.

Batu lumpang merupakan wadah untuk menumbuk padi maupun kopi pada zaman dahulu. Benda tersebut masih bisa dijumpai di perkampungan desa di Pulau Jawa.

Tetapi batu lumpang yang dimiliki Karyono, warga Mojowarno, Kapupaten Jombang tak seperti biasanya. Batu tersebut mengeluarkan air bersih yang tak pernah ada habisnya.

Dilansir dari Kabar Jombang, Karyono memberinya pagar melingkar. Pemasangan pagar ini agar tidak dirusak tangan jahil. Sebab, batu lumpang unik ini telah menjadi perhatian warga.

Sebelum ditemukan air yang ada di batu lumpang tersebut, istri Karyono, Suminah mengatakan bahwa area itu dulunya menjadi lokasi ternak bebek miliknya. Namun, bebek-bebek peliharaannya itu kerap mati

“Banyak mati karena tempatnya lembab. Harusnya kering. Padahal nggak ada saluran air,” kata Suminah yang dikutip dari Kabarjombang.com, Minggu 29 November 2020.

Meski begitu, Suminah dan Karyono tak menghiraukannya. Dia berpikiran bebek mati karena faktor lain. Lambat laun, jumlah bebek ternaknya mati makin bertambah.

Hingga kemudian, Karyono menyelidiki penyebab lokasi kandang tenak bebeknya itu lembab.

“Saat itulah, suami saya itu melihat ada air naik,” katanya.

Penasaran dengan temuan itu, Karyono lantas menggali tanah di area air yang didapatinya keluar. Alhasil, air yang naik itu ternyata keluar dari batu lumpang.

“Saat itu suami saya masih membiarkannya. Baru sekitar sebulan ini dirawat,” sambungnya.

Dirawatnya batu lumpang itu oleh suaminya, kata Suminah, karena memiliki keanehan, yakni mengeluarkan air bersih. Bahkan air itu tidak habis meskipun diambil berulang-ulang. Seperti sumber.

Kini batu tersebut menjadi tontonan warga. Bahkan ada yang mengambilnya.

Artikel Lainnya