nyedulur.com

Anda Batuk? Jangan Panik, Ada Obat Alami dan Sederhana, Semua Ada di Dapur

Nyedulur
  • 14 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Cukup banyak masalah kesehatan yang disebabkan musim hujan seperti saat ini. Batuk, pilek, flue, demam, masalah kulit, infeksi saluran pernapasan atas, dan beberapa penyakit lain bisa timbul di musim hujan.

Batuk adalah penyakit yang paling sering muncul pada saat perubahan musim. Baik dari musim panas ke musim hujan, atau sebaliknya. Penderitanya bisa merasa tersiksa. Terutama menjelang malam hari. Sulit memjamkan mata.

Pada saat ini cukup banyak tanaman yang bisa dijadikan obat. Atau biasa disebut tanaman obat keluarga (Toga). Beberapa tanaman inilah yang bisa dijadikan obat alamiah.

Perlu diingat, menggunakannya dengan hati-hati. Karena tak menutup kemungkinan jika beberapa ramuan alami bisa menimbulkan efek samping.

Mengutip Medical News Today melalui CNN Indonesia, sejumlah penelitian menemukan bahwa madu dapat meredakan batuk. Sebuah studi mencoba membandingkan efektivitas madu dengan obat pereda batuk dan tanpa pengobatan.

Hasilnya memperlihatkan bahwa madu memberikan kelegaan paling sifnifikan pada anak, diikuti oleh obat farmasi.

Untuk menggunakannya, campurkan dua sdt madu dengan air hangat atau teh. Minum ramuan ini 1-2 kali dalam sehari. Jangan berikan madu pada anak usia di bawah satu tahun.

Jahe dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan punya kemampuan meredakan batuk kering. Jahe juga bisa meredakan rasa mual dan nyeri.

Sebuah penelitian menunjukkan, beberapa senyawa anti-inflamasi dalam jahe dapat mengendurkan membran di saluran udara yang dapat mengurangi batuk.

Campurkan irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas atau teh. Diamkan selama beberapa menit sebelum diminum. Tambahkan madu dan perasan lemon untuk memberikan sentuhan rasa.

Obat sederhana satu ini disebut paling efektif mengobati sakit tenggorokan dan batuk basah. Air garam mengurangi dahak dan lendir di bagian belakang tenggorokan yang dapat mengurangi intensitas batuk.

Aduk 1/2 sdt garam ke dalam secangkir air hangat hingga larut. Biarkan larutan mendingin, lalu gunakan untuk berkumur.

Hindari pemberian air garam kepada anak kecil karena kemungkinan mereka belum bisa berkumur dengan baik. Menelan air garam justru bisa berbahaya.

Artikel Lainnya