Amankah Mengonsumsi Kopi saat Buka Puasa? Kuy, Simak Tips dan Aturannya

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: The Week.

Tak terasa bulan puasa telah memasuki hari kedua. Eh, maksudnya baru dapat dua hari. Semoga tidak bolong dan tetap semangat.

Ada kabar baik bagi pecinta kopi atau coffee lover di bulan puasa. Kopi masih bisa dikonsumsi. Tapi pasti ada yang bertanya-tanya, amankah berbuka puasa dengan kopi?

Sebetulnya tidak ada larangan minum kopi saat berbuka puasa. Asalkan tidak memiliki gangguan pada lambung dan kesehatan lain.

Mengutip Otten Coffee, idealnya mengonsumsi kopi tidak saat bedug maghrib. Waktu yang tepat mengonsumsi kopi adalah 1,5 hingga 2 jam setelah berbuka.

Waktu 2 jam ini dinilai aman, dikarenakan tubuh sudah beradaptasi dahulu terhadap makanan dan minuman yang masuk pascaberbuka.

Bukan berarti aman bagi semua orang. Sebab kondisi tubuh setiap orang berbeda-beda, apalagi puasa di tengah pandemi seperti saat ini.

Tips yang aman lainnya adalah memilih kopi dengan kafein yang rendah. Kafein merupakan zat yang memberi efek beragam pada tubuh. Oleh karena itu, disarankan mengonsumsi kopi yang kafeinnya rendah.

Misalnya, memilih kopi arabika dibandingkan dengan robusta. Masalahnya kopi arabica memiliki kafein lebih rendah dibandingkan dengan robusta. Kecuali jika tubuhmu oke-oke saja dengan robusta, ya silakan lanjut.

Satu lagi adalah, konsumsilah kopi secara sehat. Maksudnya?

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Otten Coffee (@ottencoffee)

Alangkah baik memilih kopi yang tahu asal usulnya. Sebaiknya memilih bean (biji kopi) yang masih segar dan diseduh sendiri. Dengan demikian, tidak mengganggu kesehatan tubuh.

Minum kopi tak berlebihan juga disarankan. Pasti demikian. Sebab, Anda tak mau kan, minum kopi efeknya tidak bisa tidur. Padahal keesokan harinya harus bangun untuk sahur. Ingat! Jangan berlebihan.

Artikel Lainnya