nyedulur.com

Alangkah Terkejutnya Warga Pasuruan Melihat Meteor Jatuh

Warta Bromo
  • 5 bulan yang lalu
  • arief

Sudah pernah mendengar dan melihat meteor jatuh? Itulah yang dirasakan penduduk Kabupaten Pasuruan. Warga di lereng Gunung Arjuno, tepatnya Desa Tambakwatu, Kecamatan Purwodadi terkaget-kaget.

Kepala Desa Tambakwatu, Jatmiko mengatakan, batu pijar yang jatuh tersebut seukuran kepala kerbau. Jatuhnya batu dari angkasa itu menyebabkan kubangan di tanah. Sebab beratnya diperkirakan kurang lebih 10,5 kg.

“Kejadiannya sekitar pukul 21.00,” kata Jatmiko, seperti dikuti Warta Bromo.

Semula, tidak banyak warga yang mengetahui kejadian itu. Tiba-tiba saja sebuah kilatan turun dari langit yang diakhiri dengan suara dentuman keras.

Kejadian itu membuat warga panik dan berusaha mencari sumbernya. Alangkah terkejutnya warga saat mengetahui benda yang jatuh adalah meteor. Sebab jatuhnya benda dari langit itu membuat tanah dan dedaunan berserakan.

Dikutip dari nativeindonesia.com, meteorit seberat 10,5 kg ini jatuh di lahan milik Supinah. Pada umumnya, meteorit yang jatuh ke bumi akan habis terbakar sebelum menyentuh bumi.

Namun meteorit tersebut justru mampu menerobos atmosfer bumi tanpa habis terbakar. Saat ini, batu tersebut telah disimpan di Planetarrum, Jakarta. Jatuhnya meteor itu terjadi pada 14 Februari 1975. Detailnya bisa baca di sini.

Artikel Lainnya