Akibat Banjir, Enam Perjalanan Kereta Surabaya-Jakarta Batal, KAI Kembalikan Tiket Penumpang, 100 Persen

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: PT KAI Daop 8.

Jakarta dikepung banjir akibat hujan deras yang mengguyur Ibu Kota sejak Jumat 18 Februari 2021. Banjir yang belum kunjung surut dalam dua hari ini menyebabkan perjalanan kereta api jarak jauh tersendat.

PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (KAI Daop) 8 Surabaya mengumumkan ada enam kereta api jurusan Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Malang atau sebaliknya, yang mengalami gangguan. Keenam KA itu meliputi empat KA eksekutif dan dua KA Bisnis.

“Ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh-Lemah Abang Km 55 +100 hingga KM 53+600 masih terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 150 cm,” kata Manajer Humas Daops 8 Surabaya, Luqman Arif dalam keterangannya, Minggu 21 Februari 2021..

Tidak hanya membuat jalur rel tergenang, banjir yang mengalir cukup deras juga mengakibatkan pondasi batu balas pada rel tergerus air. Hal ini yang membuat PT KAI memutuskan untuk menghentikan beberapa perjalanan KA.

“Demi keselatamatan dan kenyamanan penumpang, KAI memutuskan menghentikan perjalanan sementara,” lanjut mantan manajer Humas Daop 9 itu.

Adapun enam KA yang berhenti operasi akibat banjir meliputi KA Bima (Surabaya Gubeng-Gambir), Sembrani (Surabaya Pasarturi-Gambir), Anggrek (Surabaya Pasarturi-Gambir), Gajayana (Malang Kota Baru-Gambir), Jayakarta (Surabaya Gubeng-Pasar Senen), dan Dharmawangsa (Surabaya Pasarturi-Pasarsenen)

Luqman menambahkan bahwa tim prasarana KAI saat ini masih melakukan perbaikan secara berkala. Salah satunya dengan menurunkan bantalan beton pada rel yang tergenang air.

PT KAI Daop 8 Surabaya menyampaikan permohonan maaf atas adanya gangguan perjalanan kereta api yang terjadi di wilayah Daop 1 Jakarta, yang disebabkan banjir.

“Kami atas nama Manajemen KAI Daop 8 Surabaya mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir,” Luqman Arif menambahkan.

Pria asal Sidoarjo itu menambahkan jika refund dikembalikan penuh kepada penumpang. Namun sejauh ini jumlah penumpang yang melakukan refund masih dihitung.

Artikel Lainnya