nyedulur.com

Aih, Bunga Mawar Tak Hanya Cantik Dipandang, Bisa Dimakan dan Dijadikan Obat

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Tumbuhan memiliki banyak manfaat bagi manusia. Mulai dari buah, daun, biji, bahkan bunganya. Tak hanya untuk dekorasi ruangan, ada juga yang bisa dikonsumsi bunganya. Malahan ada bunga yang memiliki nutrisi tinggi.

Bunga mawar misalnya. Cantik, elok, meski banyak durinya. Faktanya tidak banyak yang tahu jika bunga cantik ini memiliki berbagai manfaat lho.

Dilansir dari IDN Times, di balik kecantikannya yang melegenda, bunga ini dapat dimanfaatkan sebagai obat. Namun, tak semua jenis tanaman mawar dapat digunakan sebagai obat.

Mawar jenis rose hip dan rosa chinesis adalah jenis mawar yang berkhasiat sebagai obat. Orang Cina terdahulu, sering menjadikan mawar jenis ini sebagai campuran membuat obat tradisional. Sebab kandungan vitamin C-nya cukup tinggi.

Tak banyak yang tahu memang. Bahwa mawar termasuk jenis edible flower. Sehingga dapat dimakan. Biji bunga mawar dapat diolah menjadi marmalade, sirup, jeli dan juga selai.

Kelopak bunganya dapat dimanfaatkan sebagai topping untuk mempercantik kue dan juga puding. Karena aroma serta rasanya yang khas, air mawar bisa dimanfaatkan sebagai bahan makan di berbagai negara.

Beberapa makan khas Timur Tengah banyak menggunakan air mawar sebagai campuran makanannya. Contohnya seperti: baklava, nougat, kanafeh dan juga turkish delight.

Masih banyak manfaat lain dari bunga mawar. Misal untuk parfum, skincare hingga kerajinan tangan.

Artikel Lainnya