Agar Tak Membosankan, Desain Ruang Diawali dari Dekorasi Rumah, Kok Bisa?

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Memiliki ruang yang rapi indah dan bersih menjadi impian keluarga. Terlebih desainnya menjadi inspirasi banyak tetangga atau saudara untuk ditiru.

Tapi banyak yang salah kaprah menata ruang. Akibatnya rumah atau ruang menjadi berantakan dan tidak rapi. Ujung-ujungnya kerap muncul rasa bosan.

Biasanya hal tersebut terjadi karena kesalahan saat mendekorasi rumah. Bisa saja karena ruangan yang tidak cocok, ataupun karena banyaknya furniture.

Beberapa kesalahan saat mendekorasi rumah yang perlu diperbaiki agar terhindar dari kesalahan yang sudah dirangkum dari Kompas.

Rak terbuka merupakan tempat untuk menyimpan buku dan memajang barang koleksi atau karya seni. Namun, jenis penyimpanan ini tidak baik dan enak dipandang jika terlalu penuh. 

Dengan demikian, untuk memberikan tampilan rapi dan cantik, letakkan barang-barang kecil dan tata dengan beberapa jarak di rak terbuka.

Selain itu, Anda juga harus menghindari penggunaan penyimpanan terbuka untuk meletakkan barang elektronik, karena akan ada kabel yang menggantung dan memberikan kesan berantakan. Sebaiknya, letakkan beragam alat elektronik di dalam lemari tertutup.

Dekorasi dengan terlalu banyak warna dijamin akan membuat tampilan rumah menjadi berantakan. Gunakan satu atau dua warna yang dikombinasikan dengan warna-warna netral untuk memberi tampilan yang kohesif dan santai.

Untuk ruang tamu, coba untuk menampilkan corak biru untuk menciptakan ruangan yang indah dan kohesif.

Kemudian, karpet, tirai jendela, dan perabotan netral memungkinkan ruangan dapat bernapas sekaligus membuatnya tampak lebih luas dan terbuka.

Selain itu, hindari tampilan yang tidak rapi dengan membatasi jumlah aksen bantal di sofa atau tempat tidur. Sebaiknya letakkan batal sofa sebanyak dua atau tiga dengan warna dan corak yang sesuai dengan tema dekorasi ruangan.

Tak hanya itu, menyusun semua furnitur ke dinding akan membuat ruangan terlihat berantakan dan berantakan. Untuk mencegahnya, tarik furnitur menjauh dari dinding dan mengarah ke tengah ruangan.

Pengelompokan empat kursi di sekitar meja kopi dapat menciptakan area percakapan yang sempurna. Tempatkan karpet di bawah furnitur untuk mengikat penataannya.

Artikel Lainnya