nyedulur.com

Adieu, Vale! Rossi Akhiri Kerja Sama dengan Yamaha, Punya Rekor selama 15 Tahun

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Musim balapan 2020 menjadi momen terburuk bagi Valentino Rossi. Pebalap dengan julukan The Doctor itu mengakhiri kerja samanya dengan tim utama Yamaha setelah 15 tahun bersama.

Perpisahan ini amat pahit. Sebab Rossi melewati musim balap yang buruk tahun ini. Dia hanya memiliki 66 poin, atau poin terendah sepanjang karir balap profesional.

Terlebih dia harus menyelesaikan balapan di Portugal, Minggu 22 November 2020, hanya finish di urutan ke-12. Posisi itu membuatnya gagal menyumbang poin.

Padahal dia berambisi menyumbang poin. Langkah itu dia harapkan setelah absen di dua seri akibat virus corona.

Dikutip dari Detik, Rossi membuat kejutan besar dengan meninggalkan Honda pada tahun 2004. Pebalap asal Italia itu memilih bergabung dengan Yamaha. Padahal Honda telah mengantarnya sebagai juara dunia pada dua musim beruntun.

Namun keputusan Rossi pindah cukup tepat. Dia mengantar Yamaha menjadi juara dunia. Gelar itu mengakhiri puasa gelar Yamaha selama 12 tahun. Pebalap terakhir Yamaha yang bisa menjadi juara dunia adalah Wayne Rainey pada 1992.

Periode pertama Rossi bersama Yamaha (2004-2010) adalah momen-momen terbaik Rossi, Di meraih empat gelar juara dunia saat itu.

"Bagian pertama adalah ketika ini semua dimulai pada 2004 - 2010. Saya pikir itu adalah bagian terbaik dalam karier saya. Kami mengukir sejarah buat Yamaha meraih gelar juara setelah periode yang Panjang,” katanya.

Grazie, Vale. 

Artikel Lainnya