Ada yang Tahu Buah Takokak? Ternyata Bagus untuk Kesehatan, Bisa Atasi Disfungsi Ereksi

Nyedulur
  • 15 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Mendengar nama buah takokak rasanya masih asing. Sebetulnya takokak merupakan sayuran yang biasa disebut terung pipit. Buah ini memiliki manfaat yang cukup bagus untuk kesehatan tubuh.

Meski terdengar cukup asing di telinga masyarakat, tanaman berwarna hijau ini kerap dijadikan sebagai lalapan dan dapat diolah menjadi sayur.

Selain itu, takokak mudah ditemui di perkarangan rumah. Biasanya hanya sedikit orang yang membudidayakannya. Lalu apa saja sih manfaat dari tanaman yang sering ditemukan di antara semak belukar ini? Berikut rangkuman dari SehatQ.

Manfaat buah takokak yang pertama untuk mencegah risiko kanker. Kandungan antioksidan solanin, solasodin dan solamargin pada buah takokak dapat mengurangi risiko kanker dengan menghambat pertumbuhan sel-sel abnormal di tubuh.

Antioksidan dalam buah takokak disebut ampuh untuk meredakan gejala kanker paru-paru, serviks, payudara, lambung hingga kanker usus.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah takokak juga berfungsi untuk menurunkan gula darah penyebab diabetes. Buah ini juga mengandung metil caffeate, sebuah zat fenolik alami yang memiliki efek antihiperglikemik.

Pada tikus percobaan dengan penyakit diabetes yang diinduksi streptozotocin, metil caffeate dapat menghasilkan penurunan yang signifikan dalam glukosa darah dan peningkatan berat badan.

Hasil tersebut membuktikan bahwa metil caffeate memiliki efek hipoglikemik yang dapat dikembangkan menjadi obat antidiabetik oral yang manjur.

Selanjutnya, buah takokak juga mengandung antioksidan saponin, flavonoid, alkaloid, glikosida, dan tannin. Deretan senyawa tersebut mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, penyebab penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung.

Manfaat buat takokak selanjutnya untuk mengobati disfungsi ereksi. Kandungan nutrisi dalam buah takokak berfungsi memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, tak terkecuali ke penis.

Aliran darah ke penis yang lancar mampu memperbaiki kerusakan saraf pada konektor neuron yang menghubungkan sistem kerja otak di penis. Dengan demikian, ereksi pun kembali normal.

Artikel Lainnya