Ada Binatang Punya Cula, Tapi Bukan Badak, Coba Tebak? Ini Jawabannya

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Researchgate.

Satu-satunya hewan yang memiliki cula adalah badak. Indonesia juga punya mamalia langka ini, yakni badak bercula satu. Bisa juga disebut badak jawa. Kawanan badak bercula satu ini telah dilindungi di Ujung Kulon, di Pandeglang, Jawa Barat.

Tapi ada lho, binatang yang juga memiliki cula. Tapi bukan badak. Coba tebak?

Binatang yang memiliki cula tapi bukan badak adalah Kumbang Badak. Sebagaimana dikutip dari IDN Times, hewan ini merupakan salah satu jenis kumbang yang paling terkenal karena ciri khasnya.

Kumbang ini berukuran besar dan jantannya memiliki tanduk. Fungsinya untuk bertarung memperebutkan betina maupun makanan. Maka sebutan badak memang sangat cocok untuk mereka.

Kumbang badak bukanlah sebutan untuk satu spesies. Mereka terdiri atas ribuan spesies yang tergabung dalam subfamili dynastinae.

Menurut Britannica, ukuran kumbang badak bisa mencapai lebih dari 18 cm. binatang ini juga sangat kuat. Salah satu spesiesnya bisa mengangkat beban 850 kali berat tubuhnya.

Apa yang Anda pikirkan jika melihat ular bertanduk? Ada lho hewan itu, dan mendapat julukan ular badak (Rhynchophis boulengeri). Sebutan ini merujuk struktur cula bersisik di atas moncongnya.

Sejauh ini belum ada yang mengetahui Fungsi struktur tersebut. besar kemungkinan ular ini menggunakannya untuk membantu dalam berkamuflase.

Ular unik ini hidup di Vietnam dan Cina. Ular ini tidak berbisa. Dan ukurannya tidak terlalu besar. Panjangnya berkisar 1 hingga 1,2 meter. Mereka hidup di pohon dan merupakan pemakan mamalia kecil seperti tikus

Masih ada lagi ular yang mendapat sebutan badak, yaitu viper badak (bitis nasicornis). Sama seperti ular badak, viper badak juga mendapat sebutan itu punya tanduk yang tumbuh di atas moncongnya. Bedanya, viper badak berbahaya karena merupakan ular berbisa.

Tanduk viper badak berjumlah 2 hingga 3. Penampilan mereka juga unik karena corak dan warnanya yang mencolok.

Viper ini hidup di Afrika Tengah dan Barat. Ukuran mereka bisa mencapai 1,3 meter. Meski berbisa, mereka jarang menggigit manusia. Tenang, manusia bukan lawannya.

Sebetulnya masih ada beberapa binatang yang memiliki cula. Juga disematkan badak di belakang binatang iut. Temukan di sini.

Artikel Lainnya