nyedulur.com

Ada-ada Saja Kebiasaan Tidur Binatang, Ada yang Bisa Mimpi dan Tidur Sambil Terbang, Kok Bisa?

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Mental Floss.

Sama halnya dengan manusia, hewan juga menghabiskan sebagian waktunya untuk tidur. Orangutan misalnya, memiliki kebiasaan tidur sama seperti manusia. Begitu juga dengan beruang yang gemar berhibernasi pada musim dingin.

Selain itu, beberapa jenis serangga, reptil, hingga mamalia kecil juga bisa mengalami kondisi torpor atau keadaan aktif selama jangka waktu tertentu.

Ngomong-ngomong soal tidur, ada beberapa hewan yang punya kebiasaan unik. Melansir IDN Times, ada binatang yang bisa tidur sambal berdiri. Bukan sesuatu yang lazim bagi binatang.

Dengan ukurannya yang besar, gajah dan jerapah kesulitan mencari tempat sembunyi untuk istirahat. Mereka harus siap lari atau melawan ketika mendapat ancaman. Oleh karena itu, mereka berevolusi sehingga dapat tidur sambil berdiri.

Disebut sebagai "alat penahan," dua hewan ini memiliki lutut yang terkunci sehingga mereka dapat terus berdiri saat sedang tidur.

Hewan lain yang memiliki mekanisme ini adalah kuda, sapi, dan burung. Namun, hewan-hewan ini tidak bisa terus tidur berdiri setiap hari. Terkadang, mereka juga butuh berbaring agar bisa masuk ke dalam kondisi tidur REM.

Binatang ini tidak bisa masuk ke dalam kondisi tidur saat berdiri. Meskipun kedua hewan ini hanya membutuhkan sedikit tidur REM, mereka tetap membutuhkannya. Gajah misalnya, membutuhkan tidur REM kira-kira 30 menit setiap tiga sampai empat hari sekali.

Tak hanya gajah dan jerapah. Lumba-lumba juga memiliki kebiasaan unik saat tidur. Yakni tidur dengan satu mata terbuka. Hal ini dikarenakan mereka harus mewaspadai predator. Tak heran kalau mereka dapat berenang sambil "setengah" tidur.

Namun, lumba-lumba tidak menempuh jarak yang jauh ketika tidur. Biasanya, mereka akan menutup satu mata untuk tidur. Mungkin karena kebiasaan ini, beberapa jenis lumba-lumba sering terlihat berputar-putar di dalam air ketika sedang tidur.

Eh, burung saat terbang juga bisa tidur, lho. Nggak percaya kan?

Artikel Lainnya